Telp
Whatsapp

SEWA MOBIL SURABAYA

081 5520 5033
SMS 0857 4928 6777
0821 89 835555

Email: fortunerentcar@gmail.com
WA : 08155205033

Berita

Sewa Mobil Lamongan dan Sejarahnya

Sewa Mobil Lamongan dan Sejarahnya

Nama Lamongan berasal dari nama seorang tokoh pada masa silam. Pada zaman dulu, ada seorang pemuda bernama Hadi, karena mendapatkan pangkat rangga, maka ia disebut Ranggahadi. Ranggahadi kemudian bernama Mbah Lamong, yaitu sebutan yang diberikan oleh rakyat daerah ini. Karena Ranggahadi pandai Ngemong Rakyat, pandai membina daerah dan mahir menyebarkan ajaran agama Islam serta dicintai oleh seluruh rakyatnya, dari asal kata Mbah Lamong inilah kawasan ini lalu disebut Lamongan.

Adapun yang menobatkan Tumenggung Surajaya menjadi Adipati Lamongan yang pertama, tidak lain adalah Kanjeng Sunan Giri IV yang bergelar Sunan Prapen. Wisuda tersebut bertepatan dengan hari pasamuan agung yang diselenggarakan di Puri Kasunanan Giri di Gresik, yang dihadiri oleh para pembesar yang sudah masuk agama Islam dan para Sentana Agung Kasunanan Giri. Pelaksanaan Pasamuan Agung tersebut bertepatan dengan peringatan Hari Besar Islam yaitu Idhul Adha tanggal 10 Dzulhijjah.

Berbeda dengan daerah-daerah Kabupaten lain khususnya di Jawa Timur yang kebanyakan mengambil sumber dari sesuatu prasasti, atau dari suatu Candi dan dari peninggalan sejarah yang lain, tetapi hari lahir lamongan mengambil sumber dari buku wasiat. Silsilah Kanjeng Sunan Giri yang ditulis tangan dalam huruf Jawa Kuno/Lama yang disimpan oleh Juru Kunci Makam Giri di Gresik. Almarhum Bapak Muhammad Baddawi di dalam buku tersebut ditulis, bahwa diwisudanya Tumenggung Surajaya menjadi Adipati Lamongan dilakukan dalam pasamuan agung di Tahun 976 H. Yang ditulis dalam buku wasiat tersebut memang hanya tahunnya saja, sedangkan tanggal, hari dan bulannya tidak dituliskan.

Oleh karena itu, maka Panitia Khusus Penggali Hari Jadi Lamongan mencari pembuktian sebagai dasar yang kuat guna mencari dan menetapkan tanggal, hari dan bulannya. Setelah Panitia menelusuri buku sejarah, terutama yang bersangkutan dengan Kasunanan Giri, serta Sejarah para wali dan adat istiadat di waktu itu, akhirnya Panitia menemukan bukti, bahwa adat atau tradisi kuno yang berlaku pada zaman Kasunanan Giri dan Kerajaan Islam di Jawa waktu itu, selalu melaksanakan pasamuan agung yang utama dengan memanggil menghadap para Adipati, Tumenggung serta para pembesar lainnya yang sudah memeluk agama Islam. Pasamuan Agung tersebut dilaksanakan bersamaan dengan Hari Peringatan Islam tanggal 10 Dzulhijjah yang disebut Garebeg Besar atau Idhul Adha.

1. Memilih Rental Mobil yang Tepat

Rental mobil di Lamongan biasanya dikelola langsung oleh pemiliknya. Hal ini memberikan peluang bagi anda untuk menegosiasikan tarif sewa mobil lamongan yang lebih murah. Ini biasanya dimungkinkan bila anda akan menyewa mobil dalam waktu yang lama, paling tidak lebih dari seminggu. Ada baiknya minta rekomendasi pada orang-orang yang sudah sering menyewa atau sudah kenal baik dengan pemilik rental mobil tersebut.


2. Memilih Type Mobil yang Sesuai

Setelah mengetahui kebutuhan Anda, pilihlah mobil yang cocok untuk kebutuhan anda. Baik kapasitasnya, maupun spesifikasi performanya. Misalnya anda menyewa mobil untuk kebutuhan kapasitas penumpang 7 penumpang, anda bisa memilih mobil Toyota Kijang Innova. Apabila anda menyewa mobil untuk kebutuhan di daerah perkotaan, bisa saja anda menyewa mobil dengan tenaga mesin 1000 cc – 1500 cc, misalnya mobil Toyota Rush atau Toyota Kijang Innova. Sehingga nanti perjalanan Anda akan nyaman dan aman.




3. Menanyakan Tarif Sewa Mobil Lamongan

Tarif sewa mobil di lamongan biasanya hanya memuat komponen dasar sewa mobil lamongan itu sendiri. Bila dalam perjalanan ada biaya parkir, karcis tol, dan sebagainya, itu akan menjadi tanggungan penyewa mobil. Adapun paket all in yang ditawarkan oleh jasa sewa mobil lamongan tersebut, yang biasa nya meliputi keseluruhan komponen. Seperti mobil, supir, bensin, parkir, tol, dan makan supir sudah termasuk di dalam harga sewa lamongan tersebut. Harga sewa mobil lamongan pun bervariasi, tergantung tempat penyewaan, waktu pemakaian dan jenis mobil yang disewa.




4. Menanyakan Waktu penyewaan

Khusus bagi penyewa yang ingin menyewa mobil, sebaiknya tidak lupa untuk memesan jauh-jauh hari, sekitar 4 hari sebelum. Dikarenakan yang akan memakai jasa sewa mobil lamongan bukan hanya anda saja, terutama untuk weekend biasanya sulit untuk menyari jasa sewa mobil lamongan. Dan jangan lupa tanyakan kepada jasa sewa mobil lamongan mengenai waktu pemakaian nya, dikarenakan setiap jasa sewa mobil lamongan mempunyai sistem waktu penyewaan yang berbeda-beda.




5. Menanyakan Mobil pengganti

Fasilitas lain yang dapat menjadi pertimbangan bagi penyewa adalah penyediaan mobil pengganti apabila mobil sewaan mogok di tengah jalan.




6. Menanyakan Tentang Sopir

Banyak pihak yang merekomendasikan jika ingin berkeliling di kota Lamongan baiknya menggunakan jasa supir. Jika Anda menyewa mobil beserta supir, anda juga harus memberikan makan siang dan makan malam. Jika supir tersebut cukup profesional dan akrab dengan kota Lamongan, ia akan menunjukkan tempat makan yang enak dan murah. Selain itu juga jika menginap, Anda juga harus menyediakan tempat menginap untuk supir.




7. Menanyakan Syarat dan Ketentuan

Setiap jasa sewa mobil memiliki persyarakat dan ketentuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu tanyakan sejelas mungkin untuk masalah syarat ini. Agar disaat Anda menggunakannya tidak ada masalah dalam proses administrasi.




8. Mintalah Nomer Telepon yang Selalu Bisa Dihubungi

Bila semua urusan persyaratan telah selesai dan anda sudah sepakat untuk menyewanya, jangan lupa meminta nomor telepon perusahaan tempat anda menyewa yang bisa dihubungi setiap saat. Hal itu untuk mengantisipasi bila terjadi peristiwa yang tidak diinginkan di jalan yang berkaitan dengan keperluan selanjutnya atau mendadak