Telp
Whatsapp

SEWA MOBIL SURABAYA

081 5520 5033
SMS 0857 4928 6777
0821 89 835555

Email: fortunerentcar@gmail.com
WA : 08155205033

Berita

Sewa Mobil Sidoarjo dan Sejarahnya

Sewa Mobil Sidoarjo dan Sejarahnya

Sidoarjo dulu dikenal sebagai pusat Kerajaan Janggala. Pada masa kolonialisme Hindia Belanda, daerah Sidoarjo bernama Sidokare, yang merupakan bagian dari Kabupaten Surabaya. Daerah Sidokare dipimpin oleh seorang patih bernama R. Ng. Djojohardjo, bertempat tinggal di kampung Pucang Anom yang dibantu oleh seorang wedana yaitu Bagus Ranuwiryo yang berdiam di kampung Pangabahan. Pada 1859, berdasarkan Keputusan Pemerintah Hindia Belanda No. 9/1859 tanggal 31 Januari 1859 Staatsblad No. 6, daerah Kabupaten Surabaya dibagi menjadi dua bagian yaitu Kabupaten Surabaya dan Kabupaten Sidokari. Sidokare dipimpin R. Notopuro (kemudian bergelar R.T.P Tjokronegoro) yang berasal dari Kasepuhan. Ia adalah putra dari R.A.P. Tjokronegoro, Bupati Surabaya. Pada tanggal 28 Mei1859, nama Kabupaten Sidokare, yang memiliki konotasi kurang bagus diubah menjadi Kabupaten Sidoarjo.

Setelah R. Notopuro wafat tahun 1862, maka kakak almarhum 1863 diangkat sebagai bupati, yaitu Bupati

R.T.A.A Tjokronegoro II yang merupakan pindahan dari Lamongan. Pada tahun 1883 Bupati Tjokronegoro mendapat pensiun, sebagai gantinya diangkat R.P. Sumodiredjo pindahan dari Tulungagung tetapi hanya 3 bulan karena wafat pada tahun itu juga, dan R.A.A.T. Tjondronegoro I diangkat sebagai gantinya.

Di masa Pedudukan Jepang (8 Maret 1942 – 15 Agustus 1945), daerah deltaSungai Brantas termasuk Sidoarjo juga berada di bawah kekuasaan Pemerintahan Militer Jepang (yaitu oleh Kaigun, tentara Laut Jepang). Pada tanggal 15 Agustus 1945, Jepang menyerah pada Sekutu. Permulaan bulan Maret 1946 Belanda mulai aktif dalam usaha-usahanya untuk menduduki kembali daerah ini. Ketika Belanda menduduki Gedangan, pemerintah Indonesia memindahkan pusat pemerintahan Sidoarjo ke Porong. Daerah Dungus (Kecamatan Sukodono) menjadi daerah rebutan dengan Belanda. Tanggal 24 Desember 1946, Belanda mulai menyerang kota Sidoarjo dengan serangan dari jurusan Tulangan. Sidoarjo jatuh ke tangan Belanda hari itu juga. Pusat pemerintahan Sidoarjo lalu dipindahkan lagi ke daerah Jombang.

1. Memilih Rental Mobil yang Tepat

Rental mobil di Sidoarjo biasanya dikelola langsung oleh pemiliknya. Hal ini memberikan peluang bagi anda untuk menegosiasikan tarif sewa mobil sidoarjo yang lebih murah. Ini biasanya dimungkinkan bila anda akan menyewa mobil dalam waktu yang lama, paling tidak lebih dari seminggu. Ada baiknya minta rekomendasi pada orang-orang yang sudah sering menyewa atau sudah kenal baik dengan pemilik rental mobil tersebut.


2. Memilih Type Mobil yang Sesuai

Setelah mengetahui kebutuhan Anda, pilihlah mobil yang cocok untuk kebutuhan anda. Baik kapasitasnya, maupun spesifikasi performanya. Misalnya anda menyewa mobil untuk kebutuhan kapasitas penumpang 7 penumpang, anda bisa memilih mobil Toyota Kijang Innova. Apabila anda menyewa mobil untuk kebutuhan di daerah perkotaan, bisa saja anda menyewa mobil dengan tenaga mesin 1000 cc – 1500 cc, misalnya mobil Toyota Rush atau Toyota Kijang Innova. Sehingga nanti perjalanan Anda akan nyaman dan aman.




3. Menanyakan Tarif Sewa Mobil Sidoarjo

Tarif sewa mobil di sidoarjo biasanya hanya memuat komponen dasar sewa mobil sidoarjo itu sendiri. Bila dalam perjalanan ada biaya parkir, karcis tol, dan sebagainya, itu akan menjadi tanggungan penyewa mobil. Adapun paket all in yang ditawarkan oleh jasa sewa mobil sidoarjo tersebut, yang biasa nya meliputi keseluruhan komponen. Seperti mobil, supir, bensin, parkir, tol, dan makan supir sudah termasuk di dalam harga sewa sidoarjo tersebut. Harga sewa mobil sidoarjo pun bervariasi, tergantung tempat penyewaan, waktu pemakaian dan jenis mobil yang disewa.




4. Menanyakan Waktu penyewaan

Khusus bagi penyewa yang ingin menyewa mobil, sebaiknya tidak lupa untuk memesan jauh-jauh hari, sekitar 4 hari sebelum. Dikarenakan yang akan memakai jasa sewa mobil sidoarjo bukan hanya anda saja, terutama untuk weekend biasanya sulit untuk menyari jasa sewa mobil sidoarjo. Dan jangan lupa tanyakan kepada jasa sewa mobil sidoarjo mengenai waktu pemakaian nya, dikarenakan setiap jasa sewa mobil sidoarjo mempunyai sistem waktu penyewaan yang berbeda-beda.




5. Menanyakan Mobil pengganti

Fasilitas lain yang dapat menjadi pertimbangan bagi penyewa adalah penyediaan mobil pengganti apabila mobil sewaan mogok di tengah jalan.




6. Menanyakan Tentang Sopir

Banyak pihak yang merekomendasikan jika ingin berkeliling di kota Sidoarjo baiknya menggunakan jasa supir. Jika Anda menyewa mobil beserta supir, anda juga harus memberikan makan siang dan makan malam. Jika supir tersebut cukup profesional dan akrab dengan kota Sidoarjo, ia akan menunjukkan tempat makan yang enak dan murah. Selain itu juga jika menginap, Anda juga harus menyediakan tempat menginap untuk supir.




7. Menanyakan Syarat dan Ketentuan

Setiap jasa sewa mobil memiliki persyarakat dan ketentuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu tanyakan sejelas mungkin untuk masalah syarat ini. Agar disaat Anda menggunakannya tidak ada masalah dalam proses administrasi.




8. Mintalah Nomer Telepon yang Selalu Bisa Dihubungi

Bila semua urusan persyaratan telah selesai dan anda sudah sepakat untuk menyewanya, jangan lupa meminta nomor telepon perusahaan tempat anda menyewa yang bisa dihubungi setiap saat. Hal itu untuk mengantisipasi bila terjadi peristiwa yang tidak diinginkan di jalan yang berkaitan dengan keperluan selanjutnya atau mendadak