Telp
Whatsapp

SEWA MOBIL SURABAYA

081 5520 5033
SMS 0857 4928 6777
0821 89 835555

Email: fortunerentcar@gmail.com
WA : 08155205033

Berita

Cara Sewa Mobil Surabaya Membangun Komunikasi Dengan Konsumen

Di masa ini kita lebih mudah berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain disebabkan teknologi yang semakin berkembang disamping pembangunan yang sudah lebih menjangkau banyak orang ketimbang sebelumnya meskipun belum terlalu merata. Apalagi ditambah biaya komunikasi (pulsa atau paket data) yang juga semakin terjangkau. Saat ini Sewa Rental Mobil Plus Sopir di Surabaya sudah tidak lagi melihat orang menelepon operator hanya untuk mengirim pesan kepada pemilik 'pager' yang dituju yang sepenuhnya terganti layanan SMS atau chat langsung antar-dua pemilik gawai. 
Begitupun tentang layanan telegram yang lebih tua pun telah dihentikan di bawah tahun 2010: https://www.liputan6.com/bisnis/read/659450/masih-adakah-telegram-di-indonesia. Berbicara tentang beberapa layanan baik pager maupun telegram, agaknya privasi orang sedikit berkurang disebabkan adanya perantara pada proses komunikasi tadi yakni melalui operator. Sedangkan saat ini fungsi operator telah ditiadakan, mungkin hanya ada customer service saja yang mengawal kebutuhan pelanggan terkait teknis; dan hampir tanpa perantara selain mesin pengolah saja.

Di masa lalu, mungkin banyak konsumen Rental Sewa Mobil Xpander di Surabaya yang menghubungi hanya mengandalkan telepon rumahan (fixed telephone) yang menggunakan kabel. Kekurangan dari telepon ini adalah keharusan kita untuk berada di dekat dimana pesawat telepon kita terpasang. Hal ini mungkin agak menyulitkan jika harus konfirmasi kemudian, disebabkan tak selamanya pengguna akan berada di dekat pesawat telepon tadi. Apalagi bila yang bersangkutan menghubungi via wartel disebabkan ongkos yang langsung terpantau, serta tidak semua pesawat telepon pribadi tersebut dapat digunakan untuk menghubungi interlokal (antar-kode wilayah). Saat ini Sewa Rental Pickup GranMax di Surabaya tidak melihat lagi adanya eksistensi wartel, apalagi saat menjamurnya ponsel murah-canggih dibawah 500ribuan beserta harga nomor perdana dan pulsanya yang lebih murah. Padahal di bawah tahun 2010 pun agaknya masih cukup banyak yang menggunakan jasa wartel ini, yang lalu menyusut dalam waktu singkat dari yang terlihat pada referensi berikut ini: https://beritagar.id/artikel/infografik/wartel-tamat-pertumbuhan-pelanggan-seluler-turun. Saat omzet wartel turun bahkan habis, boks telepon umum di banyak tempat pun lama-lama menjadi mangkrak dan kurang terurus. Hal ini menjadi pemandangan di banyak tempat dan kota termasuk pinggir jalanan Surabaya.

Sebenarnya masih ada yang lebih fleksibel setelahnya, yakni telepon flexi yang berbasis seluler, lebih murah meskipun berlaku sistem regional (dengan biaya mirip telepon rumah) meskipun jaringan telepon CDMA telah diakhiri disebabkan regulasi dan hal teknis jaringan: https://www.moneysmart.id/4-operator-cdma-indonesia-tutup-ini-solusi-untuk-pelanggannya/. Saat ini telepon berbasis CDMA yang lebih murah telah dihapus yang kesemuanya digantikan dengan telepon berbasis GSM, namun masih ada opsi untuk konsumen dengan bertelepon murah yakni melalui WA (whatsapp) dan paket data. Rental Sewa Mobil Avanza di Surabaya sendiri cukup sering menerima telepon dan komunikasi via WA ini sebagai salah satu pilihan bertelepon hemat bagi konsumennya, namun memang ada pula yang masih menggunakan jalur telepon seluler GSM biasa.

Beberapa tahun lalu masih ada konsumen Sewa Rental Mobil Innova di Surabaya yang menghubungi via chat BBM (blackberry messenger) disebabkan nomor PIN perangkat pun sudah pasti harus disebar guna mempermudah konsumen mendapatkan nomor kontak. Meskipun chat BBM ini juga cukup laris di zamannya, namun saat ini Rental Sewa Mobil Livina di Surabaya telah menghentikan sepenuhnya disebabkan masalah efektifitas: keterjangkauan WA yang lebih baik dari BBM sekarang. Selain itu, jumlah penggunanya pun diketahui telah merosot. Layanan chat dengan BBM sendiri awalnya sangat terbatas jangkauannya, hanya menyasar mereka yang juga menggunakan ponsel merek Blackberry meskipun terkemudian ada cara khusus supaya dapat digunakan juga oleh mereka yang menggunakan ponsel lain: https://tekno.kompas.com/read/2013/05/16/1148468/BBM.di.Android.dan.iOS.Apa.Guna.BlackBerry

Selain itu akun email Sewa Rental Honda Mobilio di Surabaya juga masih aktif. Ada calon konsumen yang menggunakannya untuk menanyakan pemesanan, persyaratan, ketersediaan mobil dan lain-lain. Selain itu rekanan Rental Sewa Mobil Perhari di Surabaya juga menggunakan layanan email ini untuk berkomunikasi. Berbeda dengan layanan chat di atas dimana baris pesan dan berkas lampirannya tersimpan pada ponsel pengguna, maka semua data email ini tersimpan pada server penyedia layanan. Kuota email gratis saat ini lebih besar dibanding 10-15 tahunan lalu; Jadi nampaknya pesan yang masuk akan 'lebih awet' disebabkan tak perlu sering-sering menghapus dibanding layanan chat ponsel disebabkan penuhnya memori oleh berbagai macam aplikasi.
Dan sebagai sebuah entitas usaha, Sewa Rental Mobil Per-12 Jam di Surabaya juga mempunyai akun media sosial. Hanya, tidak disarankan menghubungi melalui media sosial ini disebabkan tidak selalu diakses, jadi bisa dikatakan 'slow response' atau sangat mungkin terlambat menerima pesan Anda untuk maksud menyewa mobil atau hal lainnya.  

Ketika layanan komunikasi terutama ponsel telah sedemikian canggih ditambah dengan ketersediaan gawai dan aplikasi pendukung, mungkin satu-satunya penghambat komunikasi saat ini adalah sinyal yang belum merata pada semua operator, disebabkan kendala teknis serta permodalan/pemeliharaan. Meskipun demikian secara fakta konsumen Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya dapat menghubungi melalui provider apa saja, karena hal keterhubungan antar perangkat dan provider sudah sedemikian tinggi.
 
 
 
***
Keterangan gambar: ilustrasi konsumen yang sedang komplain. Sumber: Pexels/Moose Photos.