Telp
Whatsapp

SEWA MOBIL SURABAYA

081 5520 5033
SMS 0857 4928 6777
0821 89 835555

Email: fortunerentcar@gmail.com
WA : 08155205033

Berita

Tentang Musuh Masyarakat

Apa itu Musuh masyarakat? Sebagian orang asing menyebutnya sebagai 'Public Enemy' yang merupakan musuh bersama. Bisa jadi istilah ini merujuk ke pimpinan geng yang sering membuat rusuh atau oknum penegak hukum yang sering berperilaku tidak benar dan membuat kekacauan, pejabat yang korup, atau anggota masyarakat yang sikapnya tidak dapat ditiru karena tak ada baik-baiknya sama sekali (atau hanya baik ke oknum tertentu saat berharap imbal-balik yang lebih besar). Banyak orang yang berada di 'akar rumput' menilai bahwa perampok dan pemerkosa merupakan musuh masyarakat juga. Meski demikian artikel ini tidak bermaksud untuk melebarkan pembahasan yakni berhubungan dengan jabatan di sebuah instansi beserta oknum dan tindak kecurangannya, namun lebih kepada mereka yang sekiranya berbuat kejahatan dengan kekerasan.

Beberapa waktu terakhir Sewa Rental Mobil Avanza di Surabaya dikejutkan dengan laporan berita tentang ratusan narapidana yang kabur dari sebuah lembaga pemasyarakatan di Palangkaraya karena merasa diperas (ditarif untuk kelayakan kamar) dan diperlakukan tidak manusiawi: http://www.cnnindonesia.com/nasional/20170507141855-12-212916/yasonna-minta-polisi-pidanakan-pemeras-di-rutan-pekanbaru/. Hal ini cukup mengkhawatirkan, apalagi ini bukan yang pertama tentang kaburnya lusinan napi kabur dari selnya. Beberapa waktu lalu Rental Sewa Mobil Innova di Surabaya menemukan berita serupa: http://www.suara.com/news/2016/12/28/035215/dari-31-napi-lapas-banjarbaru-yang-kabur-tiga-masih-buron yang memang meresahkan bagi warga yang hidup 'bertetangga' dengan sejumlah rutan yang ada di tengah kota.

Setidaknya Sewa Rental Mobil Xpander di Surabaya menemukan beberapa lapas (lembaga pemasyarakatan) yang terletak di daerah perkotaan tadi, meskipun juga tidak tepat di tengah kota yakni Lapas Porong yang terletak di Kabupaten Sidoarjo; Lapas/Rutan Klas I Medaeng yang terletak di wilayah Medaeng, kecamatan Waru-Sidoarjo. Kedua lapas ini adalah acuan untuk pemenjaraan dari kasus-kasus berat di Surabaya selain ada penjara mungil terletak di seluruh penjuru Polres yang biasa menampung pencuri motor dan lain-lain sebelum kasusnya dilimpahkan ke pengadilan. Selain itu contoh lainnya yang cukup dikenal misalnya ada lapas di daerah Blimbing-Malang, Sukamiskin-Bandung, Cipinang-Jakarta dan sebagainya. Maksudnya bukan terpisah seperti Pulau Nusakambangan yang terletak di Cilacap.

Pada dasarnya letak lapas yang berada di perkotaan semacam ini mempermudah pengontrolan petugas dan lintas instansi meski memang beresiko jika ada napi kabur seperti yang disebutkan pada paragraf sebelumnya, bila dibandingkan dengan tahanan penjara pulau seperti Nusakambangan. 
Meski demikian, masih ada kasus khusus yang menimbulkan kisruh walaupun berbeda situasi. Beberapa waktu lalu di akun media sosial Rental Sewa Pickup GrandMax di Surabaya ada sebaran (share) yang menginfo untuk mewaspadai ada beberapa terpidana yang bebas atau habis masa tahanannya. Terpidananya pun bukan kasus pencurian biasa atau para terpidana yang bertobat, namun lebih merupakan penjahat kambuhan dan begal yang sering keluar-masuk penjara. Tentu saja, yang demikian ini tidak langsung direspons namun lebih mempertanyakan apakah beritanya asli atau hoax. Dan terkemudian diketahui bila info tersebut adalah benar adanya.

Beberapa tahun lalu pun Sewa Rental Honda Mobilio di Surabaya menjumpai viralnya reportase tentang meninggalnya biang kerok di Bali. Namanya Amokrane Sabet. Berikut ini adalah satu referensi yang bisa dibaca: http://www.kompasiana.com/liliputbuntek/bule-yang-ditembak-mati-itu-bernama-amokrane_572706a8b37a6168083a5538. Di banyak media berita pun diulas, namun artikel tersebut tentu menceritakan sudut pandang penulis sebagai 'orang biasa' yang pernah ke Bali dan berjumpa dengannya. Tentang bagaimana karakter dan wataknya sekilas diulas dalam tulisan tersebut; dan penyerangannya kepada seorang polisi yang membuatnya ditembak hingga meninggal dunia. Sayangnya, polisi yang diserang meninggal dunia pula.
Bali merupakan daerah yang menarik minat banyak orang, termasuk konsumen Rental Sewa Mobil Livina di Surabaya. Meskipun demikian tak terlalu banyak yang kesana menggunakan jasa Sewa Rental Mobil di Surabaya Barat karena keragaman jenis transportasi disamping keunggulannya masing-masing. Namun bila berhitung soal murahnya ongkos mungkin bisa dibandingkan.
Dan kembali kepada faktor ketidakamanan tadi, mungkin akan cukup membuat miris bagi industri pariwisata serta segala yang terkait dengannya termasuk Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya yang menunjang dari sisi transportasi; apalagi saat ini industri pariwisata sedang gencar dilakukan oleh pemerintah. Jadi untuk yang demikian mungkin Sewa Rental Mobil Plus Sopir di Surabaya hanya dapat bersandar kepada otoritas dan instansi pengamanan setempat. Kesigapan pun menjadi penting karena sebagai sebuah usaha jasa layanan konsumen, Rental Sewa Mobil Perhari di Surabaya pun tiap harinya mempunyai keterbatasan waktu (disebabkan kuota perjalanan dari operasional tadi).

Di sisi lain, ternyata sempat ada pendapat yang terlontar oleh seorang pengamat terkait bagaimana 'musuh masyarakat' ini harus diperlakukan: http://news.metrotvnews.com/hukum/gNQllLaK-pengamat-tidak-semua-kejahatan-harus-berakhir-di-penjara. Dari yang terbaca pada artikel tadi, ada gagasan bahwa kejahatan tidak harus berakhir di penjara, dan yang berakhir di penjara pun seharusnya ada lapas khusus berdasarkan jenis kejahatan—atau menerapkan alternatif seperti kerja sosial atau hanya pengakuan pidana (sanksi) berdasarkan adat setempat. 
Sewa Rental Mobil Per-12 Jam di Surabaya belum menemukan respons berikutnya atau berita lanjutan dari gagasan ini, namun hingga saat ini sepertinya penjatuhan sanksi atas banyak kasus yang terjadi masih didasarkan pada 'hukum konvensional' yang telah diterapkan sebelumnya sejak lama. Terlepas dari itu, marilah kita bersama-sama menghindari berbuat negatif bahkan kecenderungan kriminal demi kehidupan yang lebih baik.
 
 
 
 
***
Keterangan gambar: Ilustrasi perampok bersenjata sebagai salah satu contoh musuh masyarakat. Sumber: Pixabay/Leofra.