Telp
Whatsapp

SEWA MOBIL SURABAYA

081 5520 5033
SMS 0857 4928 6777
0821 89 835555

Email: fortunerentcar@gmail.com
WA : 08155205033

Berita

Siapakah Yang Paling Bersalah Dalam "Human Error"?

Apakah human error? Human error atau faktor kelalaian manusia ini cukup sering terjadi dan agaknya juga menjadi sorotan. Terutama saat ada kecelakaan atau sesuatu yang tak beres seperti kecelakaan kerja. Selain pure human error (murni kelalaian operator), ada beberapa error (kekeliruan) lain yang termasuk ke dalam 'human error' namun disebabkan oleh hal berbeda; misalnya karena sistem, lingkungan, dan lain sebagainya yang selengkapnya bisa dibaca pada referensi berikut: http://www.kompasiana.com/om-g/human-error-selalu-kesalahan-operator-enak-aja_55547b1f739773591d905578.
Terkadang kita menemui kondisi pada saat bekerja, kita berhadapan dengan mesin-mesin tertentu. Mesin ini menurut Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya tidak selalu benda rumit yang kompleks, namun lebih ke alat mekanis atau elektronis (yang biasanya bekerja setelah kebutuhan daya dan kondisi tertentu diberikan) untuk mempermudah kerja manusia dalam mengolah sesuatu. Misalnya mesin laminating, mesin pemeras tebu dan lain sebagainya. Sebuah kendaraan yang menjadi alat transportasi pun mempunyai mesin di luar bagian kabin, bodi, dan rangka. Jadi seorang sopir Rental Sewa Mobil di Surabaya Barat tiap harinya tak jauh-jauh dari mesin. Hanya, mungkin ada banyak nama untuk sebuah mesin. Komputer dan mesin ketik adalah salah satu benda yang mungkin sering ada di sekitar mereka yang bekerja di kantor tertentu misalnya.

Kembali ke hal human error. Kelalaian manusia ini juga ditengara muncul di banyak situasi yang kurang menyenangkan, dan mesti diusut tuntas supaya tidak mengaburkan fakta sebenarnya atau sehingga menyebabkan adanya pihak 'tertuduh' yang terkadang dengan mirisnya tidak dapat membela diri. 
Sebuah jalan yang lengang dan sepi secara tidak disadari ternyata juga berbahaya: http://kelanakota.suarasurabaya.net/news/2018/210287-Kecelakaan-di-Tol-Sumo-Rata-rata-karena-Pengemudi-Mengantuk-akibat-Jalan-Mulus. Dan ada beberapa kecelakaan di tempat berbeda juga ada yang disebabkan oleh 'faktor manusia' tadi. Misalnya tabrakan kereta api 'legendaris' yang terjadi di Bintaro. Di banyak media berita, Sewa Rental Mobil Avanza di Surabaya juga banyak mendapati kecelakaan di pintu perlintasan kereta disebabkan korban (atau justru lebih pas disebut sebagai pelaku?) nekat menerobos palang pintu.
Jika sebuah tabrakan terjadi di perempatan, mungkin dari kamera CCTV yang ada di sekitar tempat tersebut sudah dapat terlihat apakah ada faktor manusia atau ada faktor lain yang misalnya, berasal dari tidak berfungsinya lampu lalin sebagaimana mestinya.

Beberapa hal yang diamati oleh Rental Sewa Mobil Innova di Surabaya dewasa ini mungkin juga terpikir oleh Anda, dimana kita semakin banyak mendapatkan kemudahan untuk meminimalisir hal-hal yang tadinya sulit terjangkau dari indera kita sendiri. Teknologi dikembangkan dan saling melengkapi serta semakin disempurnakan untuk mengurangi sisi minusnya. Secara sederhana misalnya pengaturan lampu merah yang bergiliran akan sulit dilakukan jika tanpa bantuan mesin atau sirkuit controller

Tapi, banyak hal yang ada dirasa Sewa Rental Honda Mobilio di Surabaya belum cukup; dan peran manusia masih dirasa perlu untuk mengawasi berbagai hal tersebut. Misalnya seperti mesin parkir yang membutuhkan petugas, atau sekadar memasukkan bahan bakar ke tangki kendaraan—karena seperti halnya manusia yang dapat jatuh sakit, sebuah mesin pun dapat menjadi rusak. Misalnya kasus mesin parkir rusak yang ditemui Rental Sewa Pickup Grand Max di Surabaya viral di media sosial beberapa waktu lalu: https://www.otosia.com/berita/viral-parkir-di-bandara-kena-denda-rp200-ribu.html. Kronologisnya adalah saat korban ingin memarkir kendaraannya, lalu tiket tidak tercetak keluar meski pintu portalnya membuka. Nah, ketika keluar inilah pengemudi tadi terkena denda karena tak adanya tiket. Tapi bagaimana bisa mempunyai tiket jika hasil cetaknya tidak keluar?
Kekacauan sebuah mesin otomatisasi juga kadang terjadi di persimpangan. Sebagai contohnya yang baru-baru ini lewat di beranda media sosial Sewa Rental Mobil Livina di Surabaya: https://www.facebook.com/groups/info.cegatan.jogja/permalink/3219125018113799/ Bagaimana jika Anda sedang berkendara lalu mendapati pengatur (lampu lalin) yang error semacam itu? 
Namun peristiwa lampu lalin yang error ini juga pernah terjadi di persimpangan dekat kantor Rental Sewa Mobil Per-12 Jam di Surabaya. Bukan adanya beberapa lampu yang menyala, tapi justru mati semua. Untungnya disitu ada relawan (satpam) yang bertugas mengatur kendaraan dari pembatas jalan. Di beberapa lampu merah persimpangan, Sewa Rental Mobil Perhari di Surabaya juga menjumpai adanya sel surya yang cukup besar, misalnya di persimpangan Darmo Permai — Bukit Darmo Boulevard; kemungkinannya memang lebih andal karena pasokan dayanya menjadi lebih independen (tak tergantung PLN karena terkadang ada pemadaman bergilir disebabkan 'perawatan' atau penggantian kabel).  Meski demikian cadangan tenaga pun akan diperlukan bila satu tersendat. Sedangkan di banyak persimpangan lampu merah, Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya juga menemui adanya pos pemantau polisi lalu-lintas. Nampaknya kita harus mengapresiasi kerja polisi yang siap menghadapi apapun di bidang transportasi.

Namun memang segalanya telah berkembang pesat bahkan dibanding sepuluh-dua puluh tahunan lalu saat pengiriman pesan ke orang lain pun membutuhkan bantuan operator (seperti pengiriman wesel, telegram atau pager). Jadi setidaknya, pada saat ini kecil kemungkinannya operator mengirimkan 'pesan yang salah' dari atau kepada konsumennya karena operator hanya pemilik dan penyedia sistem untuk berkirim dan menerima; yang ada bisa jadi kita yang salah mengetikkan pesannya, atau kita mengetikkan nomor yang salah. Meskipun ada juga faktor 'diretas' orang lain sehingga sesuatunya tidak seperti yang diharapkan.
Dari segi privasi, Sewa Rental Mobil Surabaya melihat sistem saat ini lebih mending ketimbang saat dimana beberapa jalur komunikasi yang mungkin telah 'punah' tadi. Tapi, terkadang kita pun perlu melihat kebelakang: karena tak jarang adanya penemuan baru juga terinspirasi dari sesuatu di masa sebelumnya.
 
 
 
 
***
Keterangan gambar: Kecelakaan kerja dapat terjadi kapanpun, termasuk pada pekerjaan yang terlihat sepele seperti pembersihan mobil semacam ini. Sumber: Pixabay/sasint.