Telp
Whatsapp

SEWA MOBIL SURABAYA

081 5520 5033
SMS 0857 4928 6777
0821 89 835555

Email: fortunerentcar@gmail.com
WA : 08155205033

Berita

Anak Kecil dan Seputar Jalan Raya (I)

Ada anak-anak di sekitar jalan raya. Ini benar, tapi tergantung kondisinya juga. Sewa Rental Mobil Innova di Surabaya pun sering bertemu dengan mereka saat menjalankan operasional keseharian. Di jalan pun ada banyak rambu dan marka yang berhubungan dengan kemungkinan keberadaan anak-anak di jalan raya. Misalnya rambu pada url berikut: https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Indonesia_New_Road_Sign_6c.png. Contoh rambu ini mungkin hanya menunjukkan bahwa ada pejalan kaki anak-anak di sekitar jalan tersebut (trotoar), tetapi tidak menutup kemungkinan, pejalan kaki tadi butuh untuk menyeberang juga sesekali saat membutuhkan sesuatu yang hanya terdapat di seberang. Tapi di luar adanya rambu tersebut, nyatanya Rental Sewa Mobil Avanza di Surabaya juga masih menjumpai adanya anak-anak di sekitar jalan raya. Misalnya jika ada fasilitas publik di dekat jalan raya tadi.

Sementara itu, di banyak daerah yang pernah Sewa Rental Mobil Livina di Surabaya lewati pun sering ada sekolah dasar di pinggir jalan. Terutama di daerah yang jarang memiliki banyak percabangan jalan seperti Surabaya. Sebagai contohnya jika kita melintas di jalan raya antara Surabaya-Malang akan kita temui yang seperti ini. Bahkan banyak kendaraan besar dan berbobot hitungan puluhan ton (semacam bus, truk serta trailer tronton) pun bisa sering melintas di jalan-jalan yang dilalui anak-anak tersebut. Meski memang, kecepatannya harus dikurangi disebabkan adanya rambu lalin yang dipasang serta kita juga melihat marka jalan (cat) oranye dimana area jalan tertentu merupakan area sekolah yang secara otomatis akan banyak anak-anak di sana.

Tingkat kesadaran dan keawasan anak bisa sangat rendah dibandingkan orang dewasa, meski terkadang orang dewasa pun bisa sama 'kacau'-nya. Misalnya anak-anak yang baru turun dari bus sekolah ini cukup beruntung disebabkan daya pengereman bus yang pakem disamping sopirnya yang mempunyai daya refleks bagus: https://www.facebook.com/centrooestemaestri/videos/1962273014057433/. Tetapi Rental Sewa Honda Mobilio di Surabaya pun mengetahui jika refleks tiap pengendara tidak sama. Beberapa diantaranya bisa jadi malah panik dan keliru menekan pedal gas. Yang begini pun bisa fatal.

Dan kita mungkin pernah mengenal anak-anak di pinggir jalan meminta pemencetan klakson 'telolet' pada bus-bus antarkota yang mempunyai suara unik. Meski berita semacam ini telah mereda sekarang dibanding dulu yang tersebar hingga media mancanegara: https://www.brilio.net/wow/hobi-unik-bocah-kekinian-berburu-tolelot-di-pinggir-jalan-1605123-splitnews-2.html; namun Sewa Rental Mobil di Surabaya Barat pun tak tahu apakah kesenangan anak-anak tersebut mulai teralih kepada lainnya atau masih akan tetap demikian pada saat ini.

Tetapi ada satu hal menarik ketika Rental Sewa Mobil Per-12 Jam di Surabaya menemukan kabar tentang dua anak hingga dikawal beberapa polisi saat kembali pulang ke rumah dengan motor mininya: https://www.facebook.com/groups/895894557102982/permalink/2692634874095599/
bahkan polisi tersebut memberi si anak mobil-mobilan ^_^ . Jika Sewa Rental Pickup Grand Max di Surabaya meraba tindakan pihak kepolisian tersebut, si anak diarahkan supaya bermain sesuatu yang 'tidak berbahaya' ketimbang berada di jalan yang secara umum mengganggu konsentrasi pengendara dan pengguna jalan lain. Toh masih ada hubungannya dengan 'otomotif' ^_^
Bisa jadi si anak tertarik menjadi pembalap, yang nantinya mungkin bisa diarahkan setelah agak dewasa. Seperti ini: https://www.otosia.com/berita/aksi-keren-pebalap-cilik-balap-mini-gp-di-sentul.html. Hanya, bisa jadi tergantung niat dan dana. Jalan ke sana mungkin tak murah, namun ada cukup banyak juga pemuda dan anak-anak negeri ini yang berprestasi di jalur beasiswa.

Kurangnya lahan bermain di banyak tempat disebabkan perkembangan populasi penduduk di satu daerah tertentu kadang menyebabkan anak mengalihkan tempat bermainnya ke jalan. Terlebih lagi di jalan raya yang dekat dengan perkampungan atau pemukiman. Rental Sewa Mobil Perhari di Surabaya melihat tak hanya permainan tertentu dengan kebutuhan ruang yang cukup luas untuk bermain saja, tetapi mungkin ada keasyikan tersendiri bagi anak-anak ini dalam bermain sesuatu hingga melupakan keselamatan diri sendiri.
Alih-alih bermain sepakbola yang butuh lapangan, anak-anak yang mengejar layang-layang pun seringkali mengabaikan kondisi sekitar jalan raya tadi disebabkan perebutan 'barang bebas' tersebut dengan anak-anak sebaya lainnya. Tak hanya layang-layang, melatih burung merpati supaya terbang tinggi (juga cepat) di langit pun dapat mengalihkan pandangan dan konsentrasi terhadap apa yang terjadi di sekeliling kita. Atau yang hanya sekadar bercanda. Hal-hal ini terkadang juga ditemui Sewa Rental Mobil Innova Reborn di Surabaya di jalan saat musimnya.

Tingkat ekonomi yang rendah juga mempengaruhi bagaimana 'penampakan' kondisi jalan raya tadi. Di jalan raya Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya tak hanya akan menjumpai orang dewasa yang menjajakan segala macam produknya (atau bahkan jasanya), di jalanan kita juga menjumpai anak-anak terutama yang putus sekolah. Terkait dengan ekonomi, banyak anak di berbagai belahan dunia terpaksa bekerja layaknya dewasa: https://www.facebook.com/saludyvida111/videos/1746216465400197/ meskipun secara umum usia anak-anak pun dilarang untuk bekerja di sektor formal.
Disinyalir, ada lebih banyak anak di masa sekarang pasca pembersihan dari para asongan di lingkungan kereta api (dewasa ini kita takkan lagi menemukan pengasong di dalam gerbong kereta).

Dalam menjajakan dagangannya, tak jarang orang malah melebihkan uangnya atau menolak uang kembalian disebabkan keinginan membantu mereka. Meskipun eksploitasi terhadap anak juga masih ada, saat ini banyak pihak telah mendukung upaya pengentasan anak jalanan. Di antara mereka pun ditampung oleh dinas sosial atau yayasan milik perorangan serta instansi untuk kemudian dibina (ada yang disekolahkan) sehingga menjadi lebih bermanfaat untuk kehidupan sendiri maupun untuk masyarakat luas. Razia terhadap para pengemis, anak jalanan, dan pengamen sepertinya masih terus berlangsung dari yang Sewa Mobil Surabaya ketahui berdasarkan banyak media berita. Hal ini dilakukan untuk kepentingan banyak pihak karena jalan raya sendiri bukanlah tempat yang aman dan nyaman bagi tumbuh-kembang mereka.
 
 
 
***
Keterangan gambar: Anak kecil yang bermain-main di jalan. Sumber: Pixabay/rmt