Telp
Whatsapp

SEWA MOBIL SURABAYA

081 5520 5033
SMS 0857 4928 6777
0821 89 835555

Email: fortunerentcar@gmail.com
WA : 08155205033

Berita

Hemat BBM, Bagaimana Caranya?

Banyak cara dilakukan orang untuk menghemat pengeluaran. Makanan, listrik, hiburan atau apa saja pos-nya. Salah satu yang terdapat (dan terkadang dilombakan) dan diketahui Sewa Rental Mobil Innova di Surabaya menjadi tolok ukur untuk acuan penjualan sebuah jenis kendaraan adalah bagaimana tingkat keiritan sebuah mesin mengkonsumsi BBM. Tak hanya dilakukan oleh satu produsen mobil saja, namun lebih dari satu agaknya. Masing-masing produsen dan merek tadi akhirnya mengklaim lebih hemat dibandingkan kompetitor berdasar data rata-rata yang berasal dari lomba tersebut.

Misalnya dalam pembelian mobil atau motor. Meski konsumsi BBM sendiri dijelaskan pada detil spesifikasi dimana kapasitas berbanding maksimal daya yang dikeluarkan, namun Rental Sewa Mobil Avanza di Surabaya banyak melihat jika orang juga mengacu pemakaian mobil tersebut saat meluncur di jalanan berdasar dari review orang-orang (para pembeli, pengguna dari test drive, wartawan yang kebetulan mengulas, dan lain-lain). Karena selain banyak orang kurang paham masalah teknis, banyak juga yang beranggapan jika penggunaan sehari-hari lebih menggambarkan 'secara real' bagaimana konsumsi moda tersebut.

Terkadang, Sewa Rental Honda Mobilio di Surabaya menjumpai sebuah advertorial atau berita pers pada situs produsen yang menjelaskan bahwa pemakaian dalam kota serta luar kota untuk sebuah mobil tertentu menghabiskan sekian kilometer/liter. Cukup masuk akal, karena Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya sendiri mengira hematnya konsumsi bahan bakar ini tergantung dari seberapa lancar jalan serta perawatan mobil tersebut. Di perkotaan dimana banyak percabangan serta persimpangan jalan, sebuah kendaraan akan sering berhenti pada lampu merah (suatu keberuntungan jika kita mendapati lampu hijau pada beberapa persimpangan), belum lagi keramaian sebuah jalan disebabkan banyak prasarana disana (semacam pasar, lapangan, sekolah dan lain sebagainya).

Selain dari beberapa poin tadi, ada hal lain yang diperhatikan menyangkut berkendara hemat. Sewa Rental Mobil di Surabaya Barat menemukan satu tips dari petinggi satu pabrikan otomotif untuk eco-driving: https://otomotif.antaranews.com/berita/690290/trik-berkendara-hemat-bahan-bakar. Menurutnya, berkendara hemat ini dilakukan dengan cara menjaga kecepatan kendaraan agar tidak terlalu tinggi. Ini berimbas kepada konsumsi BBM yang lebih efektif. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah mesin akan menyedot bahan bakar saat dipacu di atas 2000 rpm. Perpindahan gigi pada transmisi juga mempengaruhi seberapa hematnya BBM, begitu juga jika kita menjaga kecepatan tetap konstan. Untuk poin yang lebih lengkap lain bisa dibaca pada tautan artikel tadi. 

Sementara itu seorang pakar safety driving juga memberikan beberapa tips untuk berkendara hemat: https://jip.gridoto.com/read/05238733/cara-mengemudi-yang-hemat-bbm-dari-pakarnya-nihRental Sewa Mobil Per-12 Jam di Surabaya melihat beberapa tipsnya serupa dengan tips dari 'pabrikan' sebelumnya, namun ada tambahan lain yang lebih kompleks: hindarilah daerah macet, pengecekan tekanan angin pada ban, penggunaan AC yang tidak terlalu dingin dengan semburan yang cukup atau tidak terlalu kencang, dan menggunakan BBM sesuai kompresi mesin. Dalam hal memanaskan mesin pun disarankan hanya sekitar dua hingga tiga menit, serta menjaga kebersihan filter udara. 
Secara sederhana, minimnya tekanan angin pada ban akan membuat mesin bekerja keras yang pada akhirnya berimbas pada konsumsi BBM. Padahal menurut satu event yang diselenggarakan oleh produsen ban, mayoritas kendaraan yang meluncur di jalanan kurang angin (83%) hasil dari sampel kendaraan yang diperiksa, sedangkan sisanya malah kelebihan angin: https://otomotif.antaranews.com/berita/441051/kebanyakan-ban-kurang-tekanan-angin. Hmmm... padahal di garasi Sewa Rental Mobil Perhari di Surabaya pun ada kompresor dan sepertinya pengecekan pun akan selalu dilakukan pada masing-masing armada sebelum keberangkatan.

Di sisi lain Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya juga beberapa kali mendapati kabar pemilik kendaraan menggunakan octane booster, sesuatu yang meningkatkan performa (sekaligus menghemat bahan bakar dalam perbandingan yang sama). Yang semacam ini tidak pernah digunakan oleh Sewa Rental Mobil Innova Reborn di Surabaya dalam armadanya. Pada beberapa 'pasar online' pun banyak dijual alat untuk menambah tenaga ini yang entah efektivitasnya buat kendaraan. Mungkin, Anda dapat mencari review bagi pengguna produk octane booster tadi pada grup-grup otomotif yang tersebar pada media sosial. Tetapi ternyata penggunaan octane booster tadi mungkin malah merusak mesin karena mengandung logam: https://dapurpacu.com/158150/bahaya-banyak-octane-booster-mengandung-logam/. Artikel berita tersebut cukup lama ditulis, yang entah dengan kelanjutannya sekarang. Namun yang pasti Rental Sewa Mobil Livina di Surabaya akan menjauhi hal-hal yang sekiranya berisiko karena berpikir jangka panjang juga, sekaligus 'mencari aman' dan melakukan hal yang sesuai standar yang dipersyarakatkan oleh pabrikan saja.
 
 
 
***
Keterangan gambar: suasana sebuah SPBU. Saat ini keberadaan bangunannya masih cukup umum disebabkan masih banyaknya kendaraan BBM di pasaran. sumber: unsplash/Lily Lvnatikk