Telp
Whatsapp

SEWA MOBIL SURABAYA

081 5520 5033
SMS 0857 4928 6777
0821 89 835555

Email: fortunerentcar@gmail.com
WA : 08155205033

Berita

Lajur Kiri dan Kanan Dalam Lalu-Lintas Surabaya

Di Indonesia ini sejak lama menggunakan lajur kiri saat berkendara di jalan. Setidaknya ini yang berlaku secara umum. Lho, memang ada jalan dimana orang berkendara di sebelah kanan? Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya sendiri melihat ada jalan di Kota Surabaya dimana kita diharuskan melintas di jalur kanan sementara 'jalur kiri'-nya ditempati oleh lajur kendaraan lain. Hal ini mungkin terkait dari pantauan dan rekayasa lalin yang dilakukan pejabat yang berwenang demi mengurangi kepadatan dan kemungkinan kemacetan.
Rental Sewa Pickup Grand Max di Surabaya melihat setidaknya ada beberapa yang kondisinya begini, misalnya di jalan Praban yang sejak lama disebut sebagai 'jalur eropa' di Surabaya. Tidak tahu darimana istilah ini berasal, namun jalur kanan di Jalan Praban ini telah ada puluhan tahun lalu. Mereka yang akan mengarah ke kawasan Tunjungan lewat jalan Praban ini pun tak perlu menunggu lampu lalin menyala hijau terlebih dulu seperti di jalan lain dimana biasanya ada aturan 'belok kiri boleh langsung'; pasalnya di jalan Praban ini aturannya adalah 'belok kanan boleh langsung' ^_^. 

Tapi tak hanya jalan Praban itu saja ternyata yang menerapkan lajur kanan ini. Tak jauh dari sana, Rental Sewa Honda Mobilio di Surabaya mendapati ada beberapa jalan di yakni jalan Tembaan serta jalan Kebonrojo yang berada di sekitar kompleks (blok) Tugu Pahlawan. Sebenarnya jalan Tembaan yang berada di depan Tugu Pahlawan ini menganut 'lajur kiri' juga, hanya lajur yang tepat di dekat Tugu Pahlawan tersebut dibagi dua sehingga mengesankan ada 'lajur kanan' di sana yang membuat lalu-lintas terlihat unik. Jika orang luar kota yang baru pertama kali melewati jalan ini mungkin bingung melihat bagaimana arus di Surabaya; dan untuk itulah Sewa Rental Mobil di Surabaya Barat mengisyaratkan seorang sopir yang akan bertugas harus hapal jalan (minimal di Surabaya) supaya dapat melayani tamu yang diantarnya dengan baik. Namun selain itu, ada banyak perubahan-perubahan di kemudian berdasar pantauan dan situasi yang berkembang. Misalnya, lajur mobil telah diarahkan untuk masuk jalan utama di jalan Ahmad Yani Surabaya, sedangkan untuk motor diharapkan lewat frontage

Jika kita mengakses wikipedia yang merupakan ensiklopedia gratis di internet, kita dapat membaca berbagai artikel yang membahas tentang sejarah bagaimana di seluruh dunia bisa menggunakan lajur yang berbeda untuk masing-masing negara: https://id.wikipedia.org/wiki/Arah_lalu_lintas. Dalam paparan wikipedia tersebut Rental Sewa Mobil Livina di Surabaya bisa melihat negara mana saja yang menggunakan lajur kiri (34%) atau kanan (66%) dalam lalu-lintasnya. Bukan itu saja, ada negara-negara yang tadinya menggunakan lajur kanan lalu berubah menjadi kiri, dan ada juga yang sebaliknya. Dari beberapa sumber selain wikipedia tadi juga merunut ke belakang mengenai sejarah bagaimana penetapan berkendara lajur kanan atau kiri tadi diterapkan; yang dimulai sejak masa Romawi. Salah satu yang ditemukan Sewa Rental Mobil Avanza di Surabaya adalah pada tautan berikut: http://www.thisisinsider.com/uk-china-countries-drive-left-side-road-traffic-ancient-rome-sword-fight-2016-12.

Dalam kenyataannya, aturan lajur kanan dan lajur kiri ini berpengaruh pada bagaimana pabrikan memproduksi kendaraan. Di Indonesia sendiri (termasuk seluruh armada Rental Sewa Mobil Innova Reborn di Surabaya) menggunakan setir kanan, dan di negara lain yang menggunakan lajur kanan mempunyai setir di sebelah depan-kiri kendaraan. Setir kendaraan berada di sebelah kanan (atau berada pada arah tengah jalan) yang diharapkan membantu pengemudi melihat lajur yang berlawanan. 
Meski begitu, di masa-masa awal kemerdekaan dulu (bahkan mungkin masih ada hingga sekarang) masih ada kendaraan dengan setir sebelah kiri yang agaknya akan merepotkan bagi mereka yang tidak biasa mengemudikannya disebabkan letak beberapa perangkat yang berbeda dengan kendaraan dengan setir kanan seperti di negara-negara 'penganut' lajur kiri. Mereka yang pernah bepergian ke luar negeri bersistem kendara lajur kanan (mempunyai lisensi SIM Internasional dan mempunyai keluarga) mungkin akan terbiasa akan 

Dari beberapa jalan yang disebutkan oleh Sewa Rental Mobil Per-12 Jam di Surabaya pada awal artikel ini, kesemuanya bukan jalan dengan dua lajur yang tercampur pada satu jalan; melainkan dua lajur kendaraan kanan-kiri yang dipisahkan oleh pembatas jalan. Sebagai penutup, tidak menutup kemungkinan ada jalan lain yang terluput dari perhatian Rental Sewa Mobil Perhari di Surabaya dalam menulis artikel ini, ataupun ada jalan baru yang ditambahkan untuk sistem lajur kanan ini; yang kesemuanya tentu dimaksudkan untuk memperlancar arus lalu-lintas di suatu kawasan, bukan untuk mempersulit pengguna jalan.
 
 
 
 
***
Keterangan gambar: berkendara di jalur kanan. sumber: unsplash/Alessio Lin