Telp
Whatsapp

SEWA MOBIL SURABAYA

081 5520 5033
SMS 0857 4928 6777
0821 89 835555

Email: fortunerentcar@gmail.com
WA : 08155205033

Berita

Skill Seorang Pengemudi (II-habis)

Melanjutkan artikel tentang kemampuan sopir, pandai 'membaca' lingkungan sekitar merupakan nilai plus lainnya yang tentu dibutuhkan. Karena kendaraan yang dibawanya sangat mungkin akan memakan ruang sekitarnya, baik saat berjalan atau berhenti.
Khususnya saat berhenti, Sewa Rental Mobil Avanza di Surabaya menemukan satu referensi menarik tentang bagaimana seorang wanita memparkir kendaraannya. Adegan dalam berita tersebut memang hanya fiksi, tetapi kita bisa tahu dalam setiap hal kita membutuhkan perhitungan-perhitungan yang tak kasat mata: http://www.otosia.com/berita/tontonan-skill-parkir-paling-mengesankan-oleh-wanita-cantik.html. Sementara Rental Sewa Mobil di Surabaya Barat melihat kemampuan memperhitungkan armada terhadap sekitarnya pun bisa menjadi poin penting. Seperti video berikut:

 

 



Di artikel sebelumnya dijelaskan bahwa kemampuan komunikasi sopir diharapkan baik. Tetapi komunikasi ini terkadang bukan hanya apa yang diucapkan saja. Jika kita berhubungan dengan orang lain di sekitar kita seperti yang dipaparkan pada awal artikel ini, maka bahasa komunikasi ini bisa beragam jenisnya. Di tiap kendaraan modern seperti yang dimiliki Sewa Rental Pickup Grand Max di Surabaya sendiri, ada kelengkapan isyarat lampu sein, lampu mundur, lampu halogen dan lampu kabut. Sekilas lampu halogen ini bukan termasuk golongan lampu isyarat, hanya terkadang beberapa pengemudi memanfaatkan kerjapan lampu halogen (selain lampu sein) sebagai isyarat kepada pengendara di seberangnya sebelum mendahului berbelok. Mereka yang biasa di jalan agaknya paham dengan hal seperti ini.

Pengendara sepeda kayuhpun agaknya mempunyai isyaratnya sendiri karena secara umum, sepeda kayuh tidak dilengkapi dengan berbagai kelengkapan lampu-lampu seperti halnya kendaraan bermotor. Rental Sewa Honda Mobilio di Surabaya menemukan referensi isyarat pada laman berikut: http://www.kaskus.co.id/thread/5264aa2e1e0bc3a910000000/kode-isyarat-dalam-touring---bikers-merapat/;
Yang jelas, isyarat seperti ini perlu disosialisasikan lebih luas agar menghindari salah paham dan lebih diterima sebagai 'bahasa universal'. Misalnya dipajang di papan pengumuman kampung, pos satpam dan media sejenis. Isyarat pengendara inipun termasuk isyarat visual dimana hanya dimengerti oleh mereka yang 'normal' penglihatannya. Meski begitu, ada beberapa sumber yang ditemukan sebenarnya mereka yang difabel (tuna netra) ini sebenarnya mampu melihat warna tetapi bukan termasuk yang kompleks seperti orang normal. Sedangkan meski para difabel tersebut 'melihat' dengan indera lainnya, keamanannya dalam mengenali lingkungan pun mesti diperhatikan.

Beberapa pengendara juga diketahui mempunyai rasa empati (dari tayangan video youtube) untuk menolong lansia atau difabel yang ingin menyeberang jalan dengan memberhentikan mobilnya; namun hal ini juga tak bisa dilakukan setiap waktu terkait kepentingan, pekerjaan dan jadwal masing-masing selain juga melihat arus lalin pada jalan itu pula. Dan meski sebenarnya kita mempunyai klakson pada kendaraan kita, agaknya Sewa Rental Mobil Plus Sopir di Surabaya melihat ini kurang etis untuk diterapkan karena terkesan 'mengusir'.
Bagaimanapun, kepada kebutuhan mereka memiliki kekurangan dan berbeda dengan kita yang 'normal', mungkin akan lebih baik jika kita mendelegasikan tugas pada seseorang (sesama pejalan kaki misalnya) atau bahkan jika kita tidak repot pun bisa diantar sendiri; hanya kendalanya adalah biasanya sopir Rental Sewa Mobil Per-12 Jam di Surabaya pun terkendala kepentingan tamu dan kendaraan yang harus pulang tepat waktu dengan aman.

Berseberangan dengan sikap dan karakter pengemudi kendaraan pada paragraf sebelumnya, jalanan sendiri juga bukan termasuk ranah yang bersahabat bagi pengendara yang tidak awas. Wawasan yang kurang, ketergesa-gesaan atau sikap ketidakpedulian pengendara atau pengguna jalan yang lain kerap menimbulkan kecelakaan yang tidak diinginkan. Kadang Rental Sewa Mobil Perhari di Surabaya menemui pengguna jalan yang langsung menyeberang jalan tanpa menengok ke kiri-kanan sebelumnya. Masih dalam kisaran yang sama, terkadang ditemui pula anak kecil yang langsung berlari tanpa mengindahkan arus lalin di jalan tersebut padat, renggang atau cenderung sepi. Hal ini sering dijumpai di area perumahan, hanya Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya pernah menemui yang seperti ini pula saat musim layang-layang pada waktu musim kemarau.

Jadi, seorang sopir juga dituntut mempunyai refleks yang bagus. Namun skill ini juga tak didapat begitu saja dan bisa dipelajari jika kita terbiasa menjalankan kendaraan. Menutup tema Skill Seorang Pengemudi, memang hal ini terasa berat jika sekilas dibayangkan. Hanya sekali  lagi, pemetik keuntungannya bukan tempat kerja yang mempekerjakan sopir ini secara langsung seperti Rental Sewa Mobil Livina di Surabaya, melainkan sopir itu sendiri. Karena sopir itu sendirilah yang menerapkan skillnya di manapun dia bekerja. Bila dia berwirausaha pun (menjadi sopir dengan kendaraannya sendiri) maka kebiasaan apa pun yang dia lakukan saat bekerja juga pastinya akan berpengaruh pada pekerjaan dan pelanggannya kemudian.

 

 

***

Keterangan gambar: seorang sopir melambai. Ada banyak isyarat tangan juga selain ini.
sumber: common.wikimedia.org/Love Krittaya