Telp
Whatsapp

SEWA MOBIL SURABAYA

081 5520 5033
SMS 0857 4928 6777
0821 89 835555

Email: fortunerentcar@gmail.com
WA : 08155205033

Berita

Mengejar Durasi Lampu Merah

Berapakah durasi lampu lalu lintas di persimpangan?
Pada awalnya mungkin hanya pihak DLLAJ atau Polantas yang tahu. Mungkin juga jika ada sebagian dari kita yang telaten menghitung berapa lama durasi lampu merah tersebut.
Namun di beberapa tempat Sewa Rental Mobil di Surabaya Barat dan kita semua menjumpai adanya countdown timer pada lampu merah. Fungsinya adalah untuk memberi tahu kepastian pengendara kapan harus mengurangi kecepatan dan kapan harus bersiap untuk tancap gas. Dari beberapa instalasi timer pada lampu merah (atau diistilahkan sebagai APILL = Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas) tersebut diketahui durasi lampu di persimpangan tersebut yang rata-rata berada di kisaran di bawah 1 menit jalan serta 3 menit berhenti untuk memberi jalan lainnya.

Banyak dari warga menyukai adanya timer tersebut. Setidaknya begitulah yang dilihat oleh Rental Sewa Mobil Avanza di Surabaya melalui koran edisi cetak dan banyak testimoni positif. Di DKI Jakarta sendiri muncul kabar berita bahwa seluruh lampu merah akan diberi timer: http://metro.news.viva.co.id/news/read/120741-semua_lampu_merah_di_dki_akan_diberi_timer
Sumber tersebut menyebutkan keuntungan menggunakan countdown timer ini dari kutipan Kepala Bidang Manajemen dan Teknik Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Muha: "Secara logika, penambahan count down timer tersebut bisa mereduksi kecelakaan dan membuat pengendara lebih tertib."

Pada beberapa persimpangan di Kota pusat markas Sewa Rental Honda Mobilio di Surabaya, penggunaan countdown timer ini juga dijumpai. Namun memang, perawatan lampu merah tersebut agaknya menjadi kendala juga. Satu-dua tempat diketahui tak ada di tempatnya lagi. Entah pula bila fisiknya dipindah ke persimpangan yang lebih rawan kecelakaan. Selain karena pengadaan countdown timer tersebut juga membutuhkan biaya sehingga tidak dipasang bersamaan di setiap lampu merah. Juga diketahui beberapa diantaranya akan ketidaksinkronan antara durasi lampu merah tersebut dengan timernya, sehingga malah membingungkan pengendara.

Di sisi lain... pengendara yang terkena giliran lampu lalin merah ini akhirnya menjadi tahu kapan lampu tersebut akan menyala lagi. Nah, hal ini kemudian dimanfaatkan oleh sebagian dari pengendara untuk mematikan kendaraannya dan kemudian dinyalakan lagi saat lampu lalin tersebut akan menunjukkan giliran jalan (biasanya motor). Setidaknya seperti itulah menurut Rental Sewa Pickup Grand Max di Surabaya atas pantauan di lapangan. Tapi hal ini berisiko juga bila kendaraan tersebut 'sering bermasalah'. Pasalnya, starter awal untuk menyalakan kendaraan akan menyedot sumber daya aki yang cukup besar. Meski jika kita bisa menghindar dari hal tersebut (karena kendaraan kita terawat), hal lainnya yang cenderung kurang diperhitungkan adalah bila kendaraan tersebut gagal menyala lagi.

Tanpa adanya timer tersebut, orang akan mengira-ngira kapan lampu hijau akan menyala; sehingga jika jalur lumayan sepi karena semua kendaraan telah maju saat itu, kendaraan lain yang datang dari belakang akan menginjak pedal gas sekencangnya demi giliran melaju ketimbang harus menunggu saat lampu hijau menyala berikutnya.

Dan akhirnya dari kesemuanya, Sewa Rental Mobil Innova di Surabaya dan kita semua mungkin berharap pemerataan timer ini jikalau bisa karena terbukti membantu kelancaran. Namun Rental Sewa Mobil Livina di Surabaya juga menyadari terbatasnya alokasi anggaran pengadaan; yang memang lebih diprioritaskan untuk hal yang lebih penting.
 
**Keterangan gambar: sebuah lampu lalin dengan countdown timer di Tehran, Iran. Image: commons.wikimedia.org/Sasan Geranmehr