SEWA MOBIL SURABAYA

081 5520 5033
SMS 0857 4928 6777
0821 89 835555
PIN BB : 237FE18D
Email: fortunerentcar@gmail.com
WA : 08155205033

Berita

Antara Rem dan Refleks

Di masa kini, sepertinya tak ada kendaraan yang dibuat tanpa rem. Karena pada dasarnya seorang pengendara akan membutuhkan memperlambat laju tunggangannya atau bahkan bertujuan berhenti mendadak. Jadi, perangkat ini sudah jamak di tiap kendaraan keluaran masa kini seperti halnya pedal gas untuk menambah kecepatan. Jika tidak, maka akan banyak dijumpai kecelakaan dari yang pernah terjadi sekarang dan ini akan menakutkan bagi kita semua. Begitu pentingnya pengereman seperti ini hingga akan selalu muncul dalam setiap pembahasan tentang cara mengemudi mobil yang baik: https://siebersaudara.wordpress.com/2012/11/01/cara-mengerem-mobil-yang-benar/. Teknologinya pun semakin berkembang dan diperbaiki dari waktu ke waktu, seperti beberapa sistem pengereman ABS (Antilock Braking System), EBD (Electronic Brake Distribution), dan BA/EBA (Brake Assist) semacam berikut: http://www.ototaiment.com/2015/03/11/383/mengenal-sistem-pengereman-abs-ebd-dan-baeba/

Sementara itu Sewa Rental Mobil Avanza di Surabaya menjumpai bahwa kewajiban penerapan sistem ABS pada setiap kendaraan keluaran baru di luar negeri (mobil dan motor) untuk beberapa negara, namun aturan ini malah belum diterapkan di Indonesia: https://www.semisena.com/8549/jadi-komponen-wajib-di-eropa-rem-abs-lebih-aman.html. Di Indonesia sendiri pengendara motor cukup mendominasi jalan raya, sedangkan mobil pribadi mungkin nomor sekian beserta kendaraan transportasi umum.

Di Rental Sewa Mobil Innova Reborn di Surabaya dimana perawatan begitu diperhatikan disebabkan semua kendaraan merupakan milik perusahaan, soal rem ini pun pastinya menjadi salah satu yang paling penting untuk diperiksa tiap harinya. Karena Sewa Rental Mobil Livina di Surabaya menghindari jika nantinya bisa disorot disebabkan sesuatu yang terkesan lalai, seperti yang terjadi pada salah satu penyedia layanan jasa transportasi bus dimana kerap ditemui masalah di jalan. Padahal ada cukup banyak yang menggantungkan nafkahnya—sekaligus menggunakan jasa Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya.
 
Kantor Sewa Rental Mobil Honda Mobilio di Surabaya sendiri berada di daerah yang berkontur tidak rata alias berbukit, namun bukan yang terlalu tajam seperti di kawasan Malang-Mojokerto-Kediri serta daerah lain yang mempunyai ketinggian di atas 500m dari permukaan laut. Tetapi jalanan di sekitar daerah Surabaya Barat agaknya memang tergolong demikian, dan ada perbedaan kontur dan 'tidak datar' seperti di dekat pantai. Jadi, pengendalian kendaraan tentu memerlukan kehati-hatian supaya tidak 'terbang' seperti pada berita berikut: http://www.jawapos.com/read/2016/10/13/57035/hiii-mobil-tanpa-supir-tiba-tiba-terbang-ke-atap-rumah-. Namun Sewa Mobil Surabaya sendiri menemukan adanya beberapa jalan yang cukup curam di Surabaya, seperti salah satu contohnya di daerah Wonokitri Besar pada tautan berikut: https://www.google.co.id/maps/@-7.2905855,112.7268295,3a,75y,123.5h,74.77t/data=!3m6!1e1!3m4!1szgfvv45XdBff4UkRppGf2Q!2e0!7i13312!8i6656.

Beberapa waktu lalu Rental Sewa Mobil Per-12 Jam di Surabaya menemukan sebuah video yang disebar di internet berisi tentang seorang bapak (sepertinya satu keluarga kecil) yang mengerem tiba-tiba saat ada mobil di depan hendak berputar balik dan mengambil jalur berbeda, Anda bisa mengaksesnya melalui url berikut: https://www.facebook.com/groups/295202647488775/permalink/770808479928187/
Kontan, cara mengeremnya yang keliru menyebabkan keluarga tersebut terjungkal ke depan meski refleksnya yang memutuskan pengereman ketimbang menabrak mungkin memang bisa diterapkan oleh semua pengendara motor—atau bahkan mobil untuk menghindari jatuhnya korban. 

Untuk motor sendiri mungkin lebih dianjurkan banyak menggunakan rem belakang ketimbang depan, karena sifat roda depan yang mempunyai 'laju' dan titik berat ketimbang roda belakang yang hanya mengikut gerakan roda depan. Hanya, memang sesekali perlu ditambah juga dengan rem depan untuk memperkuat daya pengeremannya. Sedangkan pada mobil agaknya mempunyai sistem yang lumayan canggih sehingga tekanan pedal rem bisa didistribusikan merata ke seluruh poros ban (karena secara harga memang lebih tinggi untuk menyokong teknologinya). Apa yang dilakukan oleh bapak tadi selanjutnya pun mungkin merupakan imbas dari kepanikannya baru saja, karena niatnya menuntun motor matic tersebut malah memutar gas motor. Seperti yang diketahui bersama jika kemudahan motor-matik dibanding motor biasa adalah terletak pada gigi mesin yang mengatur perputaran dan laju.

Sementara itu, Sewa Rental Mobil Perhari di Surabaya sendiri melihat jika sistem rem yang berbeda antara mobil biasa dengan bus dan truk yang kita sering dengar mengalami rem blong di media berita. Kendaraan kelas berat demikian biasa menggunakan rem angin yang biasa kita dengar bunyi desisnya saat kendaraan tersebut mengerem: https://www.otosia.com/berita/sering-jadi-kambing-hitam-rem-milik-bus-berbeda-dengan-rem-mobil-biasa.html. Ternyata Rental Sewa Mobil di Surabaya Barat menemukan artikel tentang cara untuk mengatasi rem yang blong pada kendaraan: https://www.otosia.com/berita/jangan-panik-saat-rem-blong-begini-cara-atasinya.html. Pengecekan sistem pada seluruh armada Sewa Rental Mobil Innova di Surabaya sendiri rutin dilakukan, sehingga rem blong tersebut tidak pernah terjadi pada kendaraan kami; namun hal yang berkenaan dengan rem tersebut perlulah dibaca sebagai wawasan.

Kendaraan dengan sistem pengereman sebaik apapun tentu membutuhkan perawatan yang baik guna mengoptimalkan kapabilitasnya. Yang menjadi perhatian Rental Mobil Surabaya dalam memilih kendaraan juga adalah bahwa mesin dengan gigi manual ditambah kopling mempunyai satu kelebihan dibanding mesin dengan gigi otomatis dalam mengurangi laju kendaraan. Tentu hal ini cukup membantu di beberapa kondisi. Hanya, tak semua dari kita menyukai keribetan bukan?
 
 
***
Keterangan gambar: Penampang sebuah cakram rem. Sumber: pixabay/Pixel2013