SEWA MOBIL SURABAYA

081 5520 5033
SMS 0857 4928 6777
0821 89 835555
PIN BB : 237FE18D
Email: fortunerentcar@gmail.com
WA : 08155205033

Berita

Pencurian Ide

Ide merupakan satu hal yang mutlak harus ada dan terus digali pada bidang industri kreatif yang terus-menerus membutuhkan kebaruan dalam tiap produknya. Banyak yang menghubungkan ide dan kreativitas ini dengan bidang periklanan atau industri kreatif yang selalu berhubungan dengan keterampilan tertentu. Namun ternyata industri manufaktur pun banyak yang mempunyai divisi kreatif pula.

Misalnya industri makanan yang mempunyai kemasan. Memang ada perbedaan antara kemasan yang 'cantik' dan yang 'asal ada' seperti produk produksi rumah tangga yang hanya dibungkus plastik. Dan untuk mempercantik kemasan inipun dibutuhkan kreativitas tersendiri yang mesti 'nyambung' dan menjembatani berbagai kepentingan di dalam perusahaan manufaktur tersebut. Terkait dengan kreativitas dan ide, baiknya Rental Mobil Surabaya melihat industri otomotif sendiri yang barisan produknya ada di garasi Sewa Mobil Surabaya.

Agaknya menjadi agenda tahunan sebuah industri otomotif menelurkan produk baru, jika tidak merilis varian dari produk lamanya. Baik jenis produk yang baru atau hanya varian, tentu diperlukan adanya pembedaan dari beberapa hal; termasuk diantaranya adalah penampilan terluar (atau interior) dari jenis mobil tersebut. Jika ada perubahan desain, tentunya ini berasal dari bagian riset dan kreatif dari industri tersebut.
Namun dari beberapa sumber Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya mengetahui bahwa riset ini menyangkut segalanya—termasuk teknologi yang disematkan di dalamnya dan bukan hanya tampilan terluar saja, karena itu suatu ide bisa mahal. Di suatu saat Sewa Rental Mobil di Surabaya Barat menemukan satu tautan berikut: http://otomotif.news.viva.co.id/news/read/646252-video--enggan-dicontek--ini-proses-penyamaran-mobil-baru yang menggambarkan sebuah kamuflase mobil prototip untuk menghindari pencurian desain. Jika riset hingga merilis sebuah prototip ini sangat besar dan panjang dari segi waktu, kemungkinannya akan sangat merugikan bila desain tersebut dicuri sebelum sempat disempurnakan untuk produksi massal. Meskipun juga bila kemudian prototip itu hanya menjadi mobil konsep saja. Rasanya kita semua mungkin mengetahui negara mana yang sering melakukan pencurian atau peniruan desain yang kemudian diproduksi barangnya dengan harga lebih murah.

Di banyak negara, masalah desain dan paten ini sangat sensitif sehingga pencurian desain atau ide pun pastinya tidak akan dipandang sebelah mata. Hanya, di negara kita ini saja pencurian banyak sekali terjadi. Tak hanya terkait teknologi saja, bahkan isi artikel pun dicuri. Beberapa waktu lalu Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya sempat melihat laporan DMCA oleh Google yang menunjukkan bahwa artikel sebuah blog pun bisa dicuri, bahkan pada bidang rental mobil sendiri. Bukankah ini memalukan? Kita mungkin bisa memasukkan kata kunci "Sewa Mobil Surabaya" (tanpa tanda petik) pada mesin pencari google. Jika masih ada mungkin bisa dilihat, tapi jika tautannya terhapus mungkin juga ada pertimbangan tersendiri dari google.

Sewa Rental Mobil Livina di Surabaya sendiri menyadari bahwa soal ide ini melibatkan pemikiran yang tidak biasa dan cenderung kreatif; tak hanya untuk hal yang besar seperti desain mobil baru tadi tetapi juga untuk hal sederhana semacam pembuatan artikel. Tentu saja, sebuah artikel juga butuh referensi. Karena itulah Rental Sewa Mobil Honda Mobilio di Surabaya selalu menyertakan tautan pada artikelnya yang tersebar di badan artikel (dulu peletakannya selalu di bawah atau akhir artikel), karena terpikir bahwa pembaca artikel yang terposting di blog atau website Sewa Rental Mobil Pregio di Surabaya juga menyempatkan diri untuk membaca referensinya; karena tidak menampik terkadang kami mempunyai ide juga berangkat dari artikel tersebut selain dari pengolahan sendiri. 

Namun meski begitu, memang ada banyak artikel di belantara internet yang pernah kami singgahi sekilas, tak sempat tercatat namun kami mendapatkan sesuatu pula dari situ. Untuk hal ini mungkin kami tulis sebagai sumber anonim atau jika berasal dari banyak sumber mungkin akan ditulis dengan 'dari berbagai sumber'. Berbicara ide, Rental Sewa Mobil Innova di Surabaya menghargai pemikiran dan masukan dari penulis lain karena menyusun kata juga bukan hal mudah. Ada banyak tulisan plagiat yang terdeteksi dan menjadi bulan-bulanan para penulis di internet. Tapi tak hanya tulisan internet yang plagiat, makalah dan skripsi pun pernah juga diberitakan ada yang merupakan hasil plagiat. Jika memang mudah, bukankah seharusnya mereka menuliskan pemikiran sendiri?

Sementara Sewa Rental Mobil Avanza di Surabaya pun juga terbuka akan berbagai masukan dan kritik bila ada ketidakbenaran (hoax) yang kami tulis. Di sisi lain, negara kita juga sudah mengakomodasi ide dan pemikiran dengan diterbitkannya UU Hak dan Kekayaan Intelektual, semuanya kembali ke sikap diri kita sendiri untuk menciptakan suasana yang kondusif. Singkatnya, integritas perlu pada semua bidang.
 
 
---------------------------------------------------------------------  
**keterangan gambar: sebuah informasi keterangan bila ada seseorang/suatu instansi terlibat dalam pencurian ide artikel website. sumber: screenshot browser disertai editing gambar.